RSS

Persyaratan Membuat Visa Schengen


Buat Travellers yg mau ke Eropa, harus persiapan apply visa dulu sebelum memutuskan untuk beli tiket pesawat ppnya. because, visa yg di apply belum tentu lolos.
Nah, berdasarkan pengalamanku ngurus visa schengen yg rempong abis itu, berikut tips n trik, supaya gak perlu bolak balik ke travel agent untuk ngumpulin berkas.

Visa Schengen adalah visa yang digunakan oleh para travellers yang mau mengunjungi Benua Eropa (hanya negara2 yang tergabung dalam Uni Eropa), kecuali Inggris ( jenis visanya beda ). dan kamu harus memilih salah satu negara di eropa tersebut untuk kamu masukin berkas visa.

Tips memilih negara tujuan apply schengen supaya lolos: 
1. pilih negara dimana kamu akan stay paling lama. 
misal jangka wktu staymu 1 bulan. walaupun di rencana yg kamu buat, kamu bakal ke 11 kota, 7 negara misalnya, cukup kamu bikin 4 negara aja. dan jangan lupa salah satu negara, lama tinggalnya harus lebih lama dari negara lainnya.

Kenapa dibikin 4 aja? karena pihak kedubes bakal males liat formmu yg tebel n terlihat not well organized. ini hanya dibuat untuk kebutuhan pengajuan visa aja, saat visa sudah didapat, km bisa arrange planmu sesukamu.

2. Pilih negara yg gak rempong dalam birokrasi pengajuan visanya.
 rekomendasi Paris ( harus dari 3-4bln sebelumnya, krn paris rame bgt n sering waiting list), amsterdam, and spanyol (asal semua detil perjalanan lengkap, seminggu udah jadi)

Daaannn,, karena waktu summer biasanya Paris, Amsterdam, n Italy full bgt ampe waiing list. jadinya sih aku pake Spanyol. walaupun agak tekor di travel insurance ( it cost 800rb for 2 months travel periode) tapi seminggu visa udah keluar, dapet 6 Bulan lagi! nah, jd mending pilih Spanyol aja, lumayan kalo mau extend gak usah khawatir visa expired.

Nah, simak Persyaratan Pengajuan Visa Schengen berikut : 
1. Paspor masih berlaku minimal 8 bulan (Baru & Lama) 

2. Surat sponsor dari perusahaan tempat bekerja dalam bahasa Inggris
contoh surat sponsor dari perusahaan:

3. Surat Undangan jika dalam rangka Bisnis 

4. Foto copy SIUP (jika pemilik perusahaan / dalam rangka bisnis) 

5. Bukti Keuangan Pribadi 3 Bln Terakhir (Bukti Keuangan Kantor jika Bisnis)
selama 3 bulan terakhir, tabungan harus berisi sekitar 30-50juta dan TIDAK BOLEH dimasukkan dalam sekali transaksi.
kalo bisa selama 3 bulan itu di tabung secara teratur agar tidak menimbulkan kecurigaan. lebih aman lagi kalo pake bukti keuangan punya ortu aja. udah pasti isinya gede n terlihat cash flownya.

kalo dulu aku pake rekening deposito punya bokap. n tabunganku cuma buat lampiran aja. the most important thing adalah di setiap lembar bukti keuangan HARUS ADA cap n ttd dari kacap/pejabat banknya.  

6. Referensi Bank Asli sesuai dengan Bukti Keuangan
langsung minta bikinin banknya untuk keperluan pembuatan visa schengen.  

7. Konfirmasi Hotel semua negara schengen yang dituju (khusus Spanyol harus di atas kop surat hotel)
kalo ini sih bukti booking hotel/hostel di negara yg dituju. kalo kamu msh blm menentukan akan nginep dimana atau mau numpang di rumah temen kamu, mending booking hotel sementara, utk keperluan visa dulu aja.

TIPSnya adalah cari hostel/hotel di google tapi jangan via hostelworld/agoda/dll karena biasanya bakal dikenakan depposit atau charge fees. lebih baik cari hostel/hotel yang punya website pribadi dan ada 3 hal yang patut kamu cek di website tersebut!!
a. cancellation policy apakah dikenakan charge
b. saat kamu akan reservasi apakah ada DEPOSIT FEE nya (usahakan cari yg gratisan aja biar irit n gak keluar duit)
c. JANGAN LUPA untuk mengcancel seluruh bookingan hotel atau nanti kamu malah bisa dikenakan charge 100% first night. BIG NO NO!!  

8. Asuransi Perjalanan, Printout / Tiket Perjalanan
kalo print out tiket sih cukup minta print out bookingan tiket dari travel agent aja, gak perlu diisued dulu  

9. Photocopy KTP, Kartu Keluarga, Surat Nikah, Akte Lahir, Ganti Nama jika Ada

10.Surat Keterangan Sekolah/Kampus untuk pelajar/mahasiswa, Photocopy Kartu Pelajar/Mahasiswa
surat keterangan dengan kop surat dari universitas yang menerangkan kalo kamu adalah mahasiswa universitas tersebut dan akan melakukan perjalanan ke eropa periode bulan x sampe bulan xx.  

11.Foto ukuran 3.5 x 4.5 (2 lembar) warna background Putih fokus 80 % di wajah  

12.Isi dan tanda tangan formulir 

13.Tidak menutup kemungkinan untuk diminta menunjukkan bukti keuangan asli pada saat pengajuan visa khususnya untuk Kedutaan Schengen.

14. Surat Sponsor dari Orangtua.
Karena udah telat untuk nabung rutin selama 3 bulan, cara paling instan adalah gunakan surat sponsor dari orang tua, supaya bukti keuangan bisa pake punya ortu aja. ini contoh suratnya:
Jika ada keluarga/teman di negara tersebut, harap melampirkan :
 1. Foto copy paspor dan visa orang yang di negara tersebut
 2. Bukti hubungan seperti akte lahir
 3. Surat undangan yang disahkan sesuai oleh pemerintahan setempat

 Note : Apabila ada anak yang ikut dengan salah satu orang tuanya atau pergi sendiri tanpa ditemani orang tuanya maka kedua orang tuanya diharapkan kehadirannya di kedutaan Italy untuk mengisi dan menandatangani form khusus (selain memberikan surat izin tertulis).

Proses : 7-14 hari kerja (tergantung kedutaan)
Harga : Rp 1.200.000,- (harga dapat berubah sewaktu-waktu)

Yup, selamat membuat visa! kalo mau nanya2 seputar backpackeran ke eropa selama sebulan dengan budget 20juta or mau nanya2 ttg visa bisa langsung mention ke @alyasususehat di twitter. Gud Luck, and have a wonderful trip!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comments:

RIFQY FAJRUL GHOIS said...

berarti kalo mau pake surat sponsor dari orang tua, orang tuanya juga harus hadir ya mba ke kedutaan?