RSS

QUAKER

Kaum quaker atau bisa disebut juga perkumpulan agama sahabat merupakan sebuah perkumpulan yang didirikan oleh George Fox. Menurut sumber, setelah George Fox mendengar suatu suara gaib, Fox menyimpulkan bahwa dia dapat berbicara langsung dengan Allah dan menerima pencerahan tanpa perantara manusia.
Asal muasal kata kaum quaker ini sendiri berarti berguncang “quake”, karena sebelum mereka menerima wahyu, badan mereka akan berguncang. Cita-cita kaum Quaker ini sendiri adalah menemukan kebenaran agama dan menghidupkan kembali Kekristenan yang mula-mula. Oleh karena itu, kaum quaker percaya akan keadilan, kejujuran yang tak kenal kompromi, gaya hidup sederhana, dan sikap anti kekerasan. Walaupun dalam sejarah perkumpulan ini mereka banyak sekali mendapatkan perlakuan kasar atau bahkan kejam, karena banyak yang menganggap kaum ini sangat berbahaya. Hal itu disebabkan karena kaum quaker menolak adanya system agama dan mereka lebih mempercayai bahwa suara-suara batin/gaib yang membimbing mereka, bukan kalangan pendeta.

Kaum quaker sebenarnya sangat pro akan kedamaian. Namun, sikap ini ternyata juga menimbulkan masalah di wilayahnya. Disaat Sebagai contoh dalam tindakannya adalah kaum quaker menarik diri dalam pemerintahan karena kontra terhadap keputusan gubernur dan dewan penasihatnya yang mengumumkan perang terhadap suku Delaware dan suku Shawnee pada tahun 1756.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: