RSS

Lagu Michael Jackson sebagai salah satu bentuk Komunikasi Lintas Budaya Internasional

I. Musik sebagai media komunikasi lintas budaya
“Music is the universal language of mankind”
Henry Wadsworth Longfellow ( 1807-1882)

“As a language, music speaks directly to the soul, our inner being. It speaks to our moods, and touches our emotions. It does not have to be understood to be enjoyed. Music is a universal expression that mankind shares across cultures. Certainly, we all have our preferences, and our appreciation for certain types of music, but we also share an understanding for our fellow man for his passions of musical expression.”
Bob Schmidt

Komunikasi lintas budaya merupakan interaksi yang dilakukan oleh individu, instansi, atau negara dengan membawa misi yang berhubungan dengan sosial dan budaya serta melewati batas-batas negara. Cara-cara yang dapat dilakukan pun beragam, mulai dari film, industri pertelevisian, industri musik, hingga radio yang didistribusikan secara global melalui aktor-aktor yang berkepentingan. Dalam hal ini, penulis lebih memfokuskan pada bidang musik sebagai salah satu media komunikasi lintas budaya dalam konteks internasional. Musik disinyalir merupakan media lintas budaya yang sangat efektif dan memiliki biaya produksi yang lebih murah jika dibandingkan dengan pengembangan acara televisi dan industri perfilman . Selain itu, musik dapat lebih diterima oleh berbagai kalangan di dunia dan tidak mengalami hambatan yang berarti dalam penyebarannya. Hal ini terkait dalam fungsi teknologi informasi yang selalu berkembang pesat dari tahun ke tahun dan semakin memudahkan seluruh warga di dunia untuk mengakses dan menikmati musik dari belahan dunia yang lain. Musik kini adalah sebuah bentuk kesenian yang mampu diminati masyarakat global tanpa melihat batas suku, ras, maupun bangsa, oleh karena itu, banyak pihak yang menggunakan peluang ini untuk membuat karya-karya yang kaya akan nilai moral dan kritik sosial dengan tujuan membuat suatu perubahan kearah yang lebih baik dengan mengajak masyarakat global lebih “aware” terhadap segala perubahan di dunia.

Musik yang sedemikian indah diciptakan Tuhan dengan sejuta manfaat. Sudah tak terkatakan lagi apa saja manfaat musik yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Musik dapat meningkatkan Intelegence Quotient (IQ) dan Emotional Quotient (EQ), meningkatkan kreativitas, dan menjadi sarana penyaluran isi hati. Musik pun dapat menjadi sarana berdiplomasi karena sifat universalnya yang mampu membawa kita melintasi batas gegorafis dan geopolitik. Diplomasi musik mengandung keindahan tersendiri karena ia mampu berdialog dengan siapapun dalam rangka mencairkan perselisihan dan bahkan mempersatukan hati dan pikiran.
Diplomasi berbicara mengenai aktivitas komunikasi antar komunitas internasional. Untuk itu, diplomasi musik memiliki beragam fungsi komunikasi mulai dari memperkenalkan sosial-budaya hingga mencairkan perselisihan antar negara yang bersifat politis atau sebagai instrumen resolusi konflik. Meskipun efektivitasnya bersifat jangka panjang, diplomasi musik jelas memuat misi yang tidak kalah penting dengan diplomasi konvensional yang dilakukan oleh para diplomat.
Musik berlirik menyampaikan pesan diplomasinya melalui lirik-lirik tertentu seperti yang dilakukan Michael Jackson dalam beberapa lagunya yang berjudul Black or White, Earth Song, Heal The World, dan lain sebagainya. Dalam lagu-lagu yang berusaha disampaikan oleh Michael Jackson, dia mengkritik apa yang sedang terjadi di dunia dan berusaha mengajak masyarakat global untuk sadar dan lebih peduli akan keadaan sekitar, baik dalam hal pelestarian lingkungan, rasisme, perdamaian, ancaman AIDS, bencana kelaparan, dan lain sebagainya.

II. Musik Michael Jackson sebagai media komunikasi lintas budaya.

a) Sepintas mengenai Michael Jackson
Michael Joseph Jackson (lahir di Gary, Indiana, Amerika Serikat, 29 Agustus 1958 – wafat di Los Angeles, Amerika Serikat, 25 Juni 2009 pada umur 50 tahun) adalah penyanyi dan penulis lagu dari Amerika Serikat. Ia terkenal sebagai “Raja Pop” dan mempopulerkan gerakan dansa “moonwalk” yang telah menjadi ciri khasnya. Albumnya yang dirilis pada tahun 1982, Thriller, adalah album terlaris di dunia, dengan penjualan melebihi 104 juta kopi di seluruh dunia. Ia mulai karir bernyanyi pada usia lima tahun sebagai anggota kelompok vokal keluarga Jackson (kelak menjadi The Jackson 5) sebelum meluncurkan album solo pertamanya Got to Be There pada tahun 1971. Anak ketujuh dari keluarga Jackson, dia membuat debut di musik professional pada umur 11 tahun sebagai anggota dari Jackson 5. Penghargaan – penghargaan yang telah dia raih termasuk beberapa kali Guinness World Records—termasuk Thriller sebagai album terlaris di dunia— 13 Grammy Awards, 13 buah single nomor 1 dalam solo karirnya dari musisi pria lainnya dalam Hot 100 era—dan penjualan 750 juta unit di seluruh dunia. Hidup Jackson sangat terkenal di seluruh dunia, didampingi dengan karirnya yang sangat sukses, membuatnya menjadi bagian dari kebudayaan pop selama 4 dekade. dalam beberapa tahun dia sering disebut – sebut sebagai salah satu pria paling terkenal di dunia .

b) Pembahasan lagu-lagu Michael Jackson yang memuat isu-isu global dari segi lirik dan video klip.
________________________________

c) Musik Michael Jackson melewati batas-batas negara dan budaya.
___________________________________


( mau tau lebih lengkap comment atw asking by email yaa ;D)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 comments:

Anonymous said...

misi...boleh minta kelanjutannya via email??ni email aq.. shahnaz_cute@yahoo.com

jadi tertarik untuk mengembangkannya ke skripsi aq..boleh kan?

Zulian Khan said...

saya tertarik dengan pembahasan anda ttg lagu michael jackson, itu sesuai dengan topik penelitian bahasa saya, boleh saya minta kelanjutan dari tulisan anda atau balas ke email saya zuliankhan5569@gmail.com , karna saya ga tau alamat email anda terimakasih

Zulian Khan said...

saya tertarik dengan pembahasan anda ttg lagu michael jackson, itu sesuai dengan topik penelitian bahasa saya, boleh saya minta kelanjutan dari tulisan anda atau balas ke email saya zuliankhan5569@gmail.com , karna saya ga tau alamat email anda terimakasih