RSS

RANDOM QUESTION ABOUT CHINA ( PART 2)


1. Pemerintahan Cina sekarang diklaim sebagai pemerintahan sosialis-kapitalis (sosialisme a la Cina), jelaskan! Dan uraikan bagaimana masa depan sistem pemerintahan tersebut!


China merupakan Negara sosialis komunis yang menerapkan system ekonomi kapitalis di negaranya.Salah satu ciri khusus dari kebijakan ekonominya adalah dengan menempatkan pemerintah sebagai pelaku utama dan pengatur ektifitas perekonomian. Pemerintah berperan sebagai pengatur dan penguasa perbankan, pasar modal dan uang, pemilik industri dasar, dan aktifitas utama perekonomian lainnya. Sebagai negara komunis, Cina pernah mati-matian melawan kapitalisme. Pada awal berdirinya republik, sekitar tahun 1951, diadakan gerakan yang diarahkan benar-benar untuk membasmi para kapitalis. “Revolusi Kebudayaan” yang dipimpin oleh Mao Zedong adalah puncaknya. Namun Deng Xiaoping merubah segalanya di tahun 1978. Kata kunci perubahan Cina adalah gaige kaifang yaitu kebijakan membuka diri sambil berproses mereformasi infrastruktur ekonomi. Deng Xiaoping akhirnya memilih jalan kapitalis untuk mereformasi ekonomi Cina.

Sejak itu pula, Cina berubah menjadi negara kapitalis modern. Sekretaris Partai di level desa tidak lagi menggarap sawah kolektif namun sudah pandai mengelola perusahaan sendiri untuk mencari profit sebesar-besarnya. Di level pusat, Partai Komunis Cina dalam Anggaran Dasarnya, tidak lagi hanya menjadi wakil dari kelas proletar (seperti yang diajarkan Lenin) tetapi juga wakil “kekuatan industri yang paling maju” yaitu kelompok bisnis swasta. Dalam hal ini, negara tetap memegang kendali ekonomi untuk menjamin bahwa liberalisasi ekonomi dan peran swasta domestik ataupun global tidak merusak tatanan yang ada. Kapitalisme Cina ditandai oleh semakin pentingnya peran industri swasta dalam mendorong pertumbuhan ekonomi misalnya Haier. Namun perusahaan-perusahaan milik negara masih tetap mendominasi dan menentukan arah ekonomi nasional.
Masa depan china:

Dengan postur ekonomi yang demikian gagah, pantas saja negara-negara lain terutama Amerika Serikat merasa khawatir dengan perkembangan Cina. Ekspansi ekonomi Cina ke luar negeri dalam bentuk investasi telah merambah dunia tak terkecuali Afrika. Negara-negara partner dagang Cina diuntungkan dalam membentuk simbiosis ekonomi dan interdependensi. Relasi ekonomi yang demikian membawa konsekuensi politik bagi negara seperti Amerika Serikat karena arah ekonomi politik dunia bisa berubah ke Cina. Pendek kata, Cina bisa menjadi negara adidaya. Selain itu, china sekarang menjadi sebuah kekuatan yang besar dan tetap mengutamakan kesejahteraan rakyat. Dilihat dri aspek-aspek pemerintah china sekarang, saat ini china lebih menuju kearah keterbukaan dan modernisasi.


2. Jelaskan perbedaan peran kepemimpinan di Cina! Bagaimana kekhasan masing-masing pemimpin?


Mao Zedong: adanya kebijakan great leap forward yang bertujuan
untuk membangkitkan ekonomi China melalui industrialisasi secara besar-
besaran dan memanfaatkan jumlah tenaga kerja murah. Mao Zedong juga menerapkan dasar-dasar marxisme-leninisme dalam pemerintahannya.

Deng Xiaoping: membuat china 2.0, melakukan reformasi ekonomi, menerima investasi dari asing, dan membuka pasar china. Deng juga membuat beberapa mekanisme pemerintahan menjadi semakin jelas dan terinstitusionalisasi. Kekhasan deng adalah kebijakan ekonomi yang menyejahterakan rakyat dan membawa china kearah perekonomian yang lebih baik.

Jiang Zemin: sebagian besar zemin menjaga dan meneruskan apa yag sudah Deng Xiaoping lakukan. Selain itu, zemin membuat konsep 3 perwakilan, dimana masalah yang timbul di bawa ke polit biro partai, lalu di proses disana, dan baru dikembalikan ke pemerintahan atau lembaga tinggi lainnya

Hu Jintao: china lebih menerapkan kebijakan high profile policy di masa pemerintahan hu jintao dengan banyak memberikan bantuan kepada Negara dunia ketiga. Hu jintao juga menciptakan kemajuan di bidang diplomasi. Ke khasan dari hu jintao adalah pemikiran ilmiah atau sosialisme yang mempunyai ciri khas.

3. Terkait dengan demokrasi, bagaimana pendapat Anda mengenai efektivitas pemerintahan Komunis Cina?


Pengimplementasian demokrasi a la china di pemerintahan yang di dominasi oleh PKC dapat dikatakan efektif, karena tiap birokrasi memiliki separasi yang jelas, pembagian tugas yang jelas, serta kebijakan cepat terealisasi bagi kepentingan masyarakat. Lalu adanya kebijakan baru yanag mereformasi ekonomi, dengam menghasilkan perubahan pandangan dan orientasi rakyat terhadap ideology. Demokrasi tercipta karena ideology kapitalis tidak harus diterima mutlak sepenuhnya, tapi cukup belajar teknologi, keahlian terapan, dan menejemen ekonomi.

4. Jelaskan sistem ‘interlocking’ dalam pemerintahan Cina! Apa implikasi bagi pemerintahan?


System interlocking adalah system dimana ada anggota PKC yang menjadi bagian dalam setiap struktur badan pemerintahan dan birokrasi china. System keanggotaannya saling berkaitan antara PKC dan system pemerintah.

Implikasinya bagi pemerintahan adalah
• PKC akan berkoordinasi dengan anggotanya yang tersebar di seluruh bagian di pemerintahan dan birokrasi untuk mencapai tujuan partai.
• Karena bagian-bagian pemerintahan dan birokrasi di dominasi oleh PKC, maka dapat dikatakan bahwa roda pemerintahan dikendalikan oleh PKC.
• Bagian terburuknya adalah jika terjadi konflik kepentingan atau perpecahan dalam tubuh partai, hal ini dapat mempengaruhi kinerja pemerintahan dan begitu pula sebaliknya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: